Kamis, 06 Maret 2014

About Me : Lathif, Sang Jagoan Komputer

Satu sosok siswa yang menjadi tamu spesial Zahra kali ini adalah siswa kelas V SD yang sarat dengan prestasi. Ia adalah Lathif Ma’arif. Putra ketiga dari pasangan Budi Wiyono dan Hermi Supriyanti ini lahir di Sragen, 27 Juli 2000. Sejak kecil, bakat prestasinya sudah nampak. Hobinya pun tidak dimiliki oleh kebanyakan anak. Sejak kecil, Lathif, demikian sapaannya, mempunyai hobi yang cukup unik, yaitu memainkan wayang. Segala hal yang berhubungan dengan wayang, Lathif getol sekali untuk mengetahuinya.
Hingga larut malam pun ia rela untuk bangun demi acara kesayangannya di televisi, jika ada stasiun TV yang menyiarkan wayang. Begadang bukan lagi menjadi hal aneh baginya. Meskipun demikian, hal tersebut tidak menjadikannya malas bangun pagi, apalagi meninggalkan kewajibannya sebagai hamba Allah. Bahkan Lathif disiplin menunaikan sholat berjama’ah di masjid, yang kebetulan berdampingan dengan rumahnya.
Rutinitas Lathif dari bangun pagi yaitu merapikan tempat tidurnya, beranjak ke masjid menunaikan shubuh berjama’ah, membantu ibu segala hal yang menjadi kerepotan Ibu. Di antara keempat saudaranya yang lain, Lathif lah yang paling peka dengan kerepotan Ibunya. Bahkan tak segan-segan, adiknya yang paling kecil, yang masih duduk di bangku PAUD pun ia urusi segala keperluannya. Kendati demikian, ia tak pernah mengeluh dengan aktivitasnya tersebut.
Berangkat sekolah dari pukul 06.30 sampai pulang pukul 14.00. Belum lagi kalau ada tambahan pengayaan. Kalau belum merasa kepenatan yang teramat sangat, Lathif masih membantu Budhenya untuk mengajari adik-adik TPA di rumahnya sendiri. Malam hari, baru ia belajar untuk evaluasi pelajaran yang sehari itu diterimanya dan mempersiapkan pelajaran keesokan harinya. Tugas-tugas sekolahpun ia kerjakan tepat waktu dan mengandalkan komputer di rumah untuk membantunya. Alhasil, pekerjaannya selalu tampak rapi dan tepat.
Nah… hobi lain yang juga membuatnya terkadang sampai lupa waktu adalah suka mengutak-atik komputer, semasa kecilnya saja sudah ada sekitar 6 CPU yang ia rusakkan. Meskipun demikian hasilnya sekarang dapat dirasakan bersama, Lathif tumbuh menjadi anak yang cerdas dan penuh potensi. Tak heran jika cita-citanya selain menjadi dalang, juga menjadi programmer komputer yang handal. Ternyata bakat ingin tahu yang tinggi, selalu berani mencoba, dan tekun membuahkan hasil berupa prestasi yang sangat membanggakan.
Prestasi yang baru-baru ini ia raih yaitu dua kali berturut-turut meraih juara I dalam bidang TIK di SMP N 1 Sragen dan di SMP N 5 Sragen. Meskipun terkadang ia ketinggalan pelajaran karena harus mengikuti pembinaan dan lomba, semangat belajarnya tak pernah surut. Ia berusaha mengejar ketertinggalan tersebut dan tak malu bertanya pada teman. Dunia komputerisasi adalah hal yang sangat disukainya selain perwayangan. Kemampuannya di bidang ini sangat luar biasa melebihi rata-rata kemampuan computer pada anak-anak seusianya.
Lathif memang anak yang low profile, dan senang berteman dengan siapapun. Di sekolah, ia pun mempunyai banyak teman dan suka bermain seperti pada umumnya anak-anak. Semoga segala yang menjadi cita-cita mas Lathif kelak akan dikabulkan Allah SWT, Amiin. Tetaplah berkarya dan berprestasi, dan tentunya tetap rendah hati.
Subhanallah wal hamdulillah, bagaimana anak-anak? Mau seperti mas Lathif yang banyak teman, rajin ibadah, dan punya segudang prestasi kan? Pasti Bisa.
Sumber : Majalah Zahra Edisi 11/Th.2/Desember-Januari/2011-2012/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan sopan dan baik sesuai isi konten. Anda dapat berkomentar berupa kritik maupun saran yang bersifat membangun demi kemajuan blog ini. Dilarang memberi komentar yang berisi iklan, link aktif, promosi, SARA, dan sebagainya. Terima kasih atas perhatiannya.

Sertifikat Kelas Pranikah Seri 3

SERTIFIKAT Diberikan Kepada :  Lathif Ma'arif Atas Partisipasinya sebagai PESERTA Pada Kelas Pranikah bagi Calon Pengantin dan Pasangan ...